0

Pada 17 April 2018 penilian dalam rangka Lomba Desa se Kabupaten Trenggalek Tahun 2018 yang terdiri dari 152 Desa dan 14 Kecamatan, Desa Pandean masuk nominasi 3 besar dalam kegiatan tersebut untuk merebutkan Juara 1,2, dan 3. Desa yang masuk nominasi yaitu Desa Watulimo Kecamatan Watulimo, Desa Pandean Kecamatan Durenan dan Desa Ngetal Kecamatan Pogalan.



Masing masing Desa yang masuk nominasi akan di kunjungi oleh TIM Juri dari Kabupaten Trenggalek untuk membuktikan kenyataan di lapangan. Oleh karena itu saat Juri datang ke Desa Pandean di adakan penilaian dan kegiatan penyambutan. Dalam penyambutan ini Desa Pandean keterlibatan dari lintas sektor dari mulai anak didik di SDN Pandean, Linmas, Iringan Rebana asuhan PKK Desa kepada TIM Juri, juga menyuguhkan produk unggulan desa sebelum masuk di area pendopo desa. TIM juri mampir di lokasi stant produk unggulan untuk beramah tamah juga mencicipi produk tersebut.



Di awali dengan bacaan Basmalah serta di lanjutkan menyanyikan lagu Indonesia raya acara di mulai di pendopo Desa Pandean. Setelah itu Bapak Camat Durenan Drs. Habib Solehudin, menyampaikan sambutannya terkait tentang beberapa prestasi yang di raih oleh masyarakat Pandean. Sambutan selanjutnya oleh oleh Ketua TIM Juri Kabupaten yang di motori oleh Bapak Ari Hartono, beliau mengenalkan para Juri dari masing masing Dinas Istansi terkait dalam perlombaan ini.




Di lanjtkan oleh pemaparan oleh Kepada Desa Pandean Bapak Farid Abdillah yang di awali dengan pengenalan profil Desa Pandean dengan menyuguhkan Video Drone kewilayahan serta batas desa di sekitarnya. Dalam pemaparan ini Kepala Desa, menyampaikan presentasi keunggulan terobosan selama beliau mengabdi di desa kurang lebih 11 tahun ini.




Di anataranya Desa Pandean sudah mempunyai website desa yang bisa di akses oleh Dunia, di website ini terobosan IT bisa di sampaikan hasil pengelolaan, kegunaan dan pemanfaatan dana desa, dalam hal IT kantor desa juga sudah di pasang 4 kamera CCTV untuk pengawasan dalam kantor.



GERBANG DEPAN atau Gerakan Ngaji dan Belajar Desa Pandean juga menjadi terobosan baru Kepala Desa demi anak didik di desanya. Beliau mengumpulkan para sarjana desa, agar mau memberikan bimbingan belajar kepada tetangganya yang honornya di tanggung oleh desa.




Selain IT juga produk unggulan desa yang sekitar 65% penduduk Desa Pandean adalan bercocok tanam atau petani, makanan olahan, kerajinan dan program selanjutnya terkait pasar kawasan.





Terobosan yang lain adalah Visi Misi Kepala Desa yaitu tentang peningkatan SDM masyarakat, karena Kepala Desa sering di hadirkan di Jakarta untuk menjadi Nara Sumber dalam hal PAUD dan TK, UNICEF dan World Bank pernah mengundang Kepala Desa Bapak Farid Abdillah menjadi nara Sumber. Dalam terobosan dan keberhasilan ini sehingga beliau di undang ke Jakarta oleh Bapak Menteri Pendidikan menrima penghargaan yang juga di hadiri oleh Ibu Negara Ibu Joko Widodo.



 Selesai Kepala Desa menyampaikan pemaparan, kegiatan selanjutkan adalah pemeriksaan TIM Juri ke ruangan untuk melihat administrasi di segala bidang, mulai dari Administrasi Pemerintah Desa, BPD, LPM, PKK, Karang Taruna, Kopwan, BUMDes dan lain lain.


Posting Komentar

 
Top